Ditemukan Baterai Tertua di Dunia

Diposting oleh admin on 4 Sep 2010


Ternyata ada baterai berusia ribuan tahun gan
Baterai Baghdad merupakan salah satu artifak kuno yang paling membingungkan para ilmuwan maupun arkeolog.
Pada tahun 1930 silam, pada sebidang makam kuno di luar Baghdad (Khujut Rabula), beberapa arkeolog yang melakukan penggalian disana menemukan sebuah artifak yang diduga merupakan
satu set baterai kimia yang usianya telah mencapai 2000 tahun lebih.
Artifak aneh tersebut terdiri atas sebuah silinder tembaga, batang besi serta aspal yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah jambangan kecil (tinggi 14 cm, diameter 8 cm) yang terbuat dari tanah liat.

Setelah para ahli mereka-ulang memang benar didapati bahwa artifak tersebut merupakan sebuah baterai elektrik kuno.
Para peneliti berhasil memperoleh 1.5 voltmeter dari artifak batu baterai elektrik tersebut , yang bekerja nonstop selama 18 hari dengan cara memasukkan cairan asam kedalam jambangannya, misalnya: air jeruk (sunkist & lemon lebih bagus), h2so4, semua larutan golongan elektrolit…
Komponen baterai terdiri dari batang karbon sebagai anoda (kutub positif), seng (Zn) sebagai katoda (kutub negatif), dan pasta sebagai elektrolit penghantar.
Usia artifak baterai kuno ini diperkirakan berkisar 2.000 – 5.000 tahun, jauh sebelum Alessandro Volta (Italia) membuat baterai pertama kali pada tahun 1800 serta Michael Faraday (Inggris) menemukan induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis pada 1831 yang jarak penemuannya hingga kini mencapai sekitar 200 tahun lebih.

Temuan ini tentunya dapat merubah pandangan manusia masa kini akan kemajuan teknologi yang telah dicapai oleh peradaban manusia masa lalu.
Nampaknya, aktifitas elektrik telah dikenal oleh manusia pada masa-masa itu.
Tidak hanya Baghdad Battery saja yang menarik perhatian para ilmuan maupun arkeolog di seluruh dunia, namun terdapat beberapa artifak serupa yang diduga juga sebagai peralatan elektrik masa silam, seperti Dendeera Lamps, Assyrian Seal, maupun The coffin of Henettawy.

sumber : rubbertapperz.blogspot.com
Berita lainnya:

{ 6 komentar... read them below or add one }

septian7 mengatakan...

wao tahun 1930? keren juga ya peradaban baghdad :D

ekopras mengatakan...

masih berfunhgsi gak tuh baterenya

Napi mengatakan...

Wah.. gk nyangka kalau dari jaman dulu sampai sekarang baterainya masih ada... jangan2 dulu ada orang yang dah suka nimbun baterai, orangnya mati terus baterainya gk keururs deh.. hahahahahaha... gak beda kek jaman sekarang.. (G NYAMUNG MODE ON)



makasih udah mampir, pa kabar?

anggar berkawand mengatakan...

Nice Info sob....
:D
jd tahu..
:D

ryan mengatakan...

hebat tuch mantap

Anonim mengatakan...

PUPUS DEHM KLAIM BARAT!

Posting Komentar

Silahkan diisi kolom komengnya